Pantai Pandawa Bali, Keindahan Wisata Eksotis Tersembunyi – Pantai Pandawa ialah satu diantara demikian destinasi wisata alam terkenal yang ada di Propinsi Bali. Wisatawan yang bertandang akan disongsong pemandangan yang menganakemaskan mata ditambahkan situasi tenang dan unik Pulau Dewata. Nama pantai yang berada di Dusun Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini diambil dari 5 bersaudara Mahabharata yang terbagi dalam Yudistira, Bima, Arjuna, Sahadewa, dan Nakula.

Pantai Pandawa Bali

Demikian masuk kawasan Pantai Pandawa, pengunjung akan disajikan pemandangan tebing yang membubung tinggi dan mengapit jalan sejauh 1,5 km. Selain itu, liukan ombak, pasir putih, dan Samudera Hindia siap temani perjalalanan dan menganakemaskan mata beberapa wisatawan. Dekati area pantai, wisatawan akan dipanggil beberapa gua yang dihiasai ornament patung batu putih yang di inspirasi dari Panca Pandawa (lima bersaudara legenda Mahabharata).

Selainnya menikmati pemandangan alam sekitar dan berpose riang, pengunjung dapat lakukan aktivitas wisata yang lain, seperti paralayang. Untuk mencoba kegiatan ini, pengunjung perlu bertandang ke Bukit Timbis yang berada tidak jauh dari Pantai Pandawa. Walaupun begitu, keindahan Pantai Pandawa yang bertambah luas bisa dirasa melalui kegiatan yang ini.

Baca Juga : Pantai Seminyak Bali, Menikmati Keindahan Sunset Indah

Ke arah Pantai Pandawa

Untuk bertandang ke pantai berjulukan “the secret beach” ini dapat dilaksanakan melalui Lapangan terbang Internasional Ngurah Rai dalam jarak menempuh sekitar 18 km atau mungkin kurang lebih 1 jam. Dan, jaraknya dari pusat perkotaan Denpasar sekitar 27 km lewat lajur tol Bali Mandara.

Masuk area Pantai Pandawa, pengunjung akan disongsong gerbang dengan 4 jalan masuk yang bisa dilalui kendaraan. Semuanya seperti gerbang jalan tol, namun dibuat dari batu kapur putih. Di salah satunya gerbang masuk ini, pengunjung akan bayar ongkos tiket masuk dan parkir kendaraan.

Kegiatan di Pantai Pandawa

Pantai eksotik yanng penuh akan elemen budaya ini menyuguhi beberapa pengunjung dengan bermacam aktivtias yang dapat dicoba. Pada harga tiket masuk Rp 8.000 untuk wisatawan lokal (dewasa), Rp 4.000 untuk anak-anak, dan Rp 15.000 untuk wisatawan luar negeri (wisman), pengunjung dapat berenang di bawah ombak yang relatif tenang, jernih, dan pasir putih yang bersih.

Pengunjung bisa juga berjemur dan santai di pinggiran Pantai Pandawa atau berkeliling-keliling pantai memakai kano. Disamping itu, ada budidaya rumput laut yang sudah dilakukan oleh masyarakat di tempat. Wisatawan dapat saksikan secara langsung proses mengikat, menanam, sampai menjemur rumput laut yang sudah dilakukan oleh beberapa petani.

Tidak hanya itu, wisatawan yang bertandang bisa juga sewa jasa pijat tradisionil yang banyak dijajakan warga lokal pada harga yang bervariatif, dimulai dari Rp 40.000 (pijat refleksi kaki – 30 menit) sampai Rp 130.000 (Pandawa massage – 90 menit). Tetapi, harga bisa berbeda setiap saat. Senang mencoba beragam kegiatan pantai, janganlah lupa untuk singgah di toko oleh-olehan yang berjejer di sekitar kawasan Pantai Pandawa. Pada harga yang relatif dapat dijangkau, wisatawan dapat belanja, dimulai dari baju, kain, cemilan, sampai kerajinan-kerajinan unik ciri khas Bali.

Fasilitas Pantai Pandawa

Seperti umumnya destinasi wisata Bali yang lain, Pantai Pandawa telah diperlengkapi dengan fasilitas wisata yang ada untuk beberapa pengunjung, dimulai dari toilet, ruangan tukar, sampai kamar mandi. Disamping itu, ada juga area free wifi, warung makan, toko kerajinan, hotel, vila, dan beberapa mini pasar.