Menikmati Keindahan Gunung Merapi dari Bunker Kaliadem – Pucuk Kaliadem adalah wisata alam yang memliliki keindahan Gunung Merapi dan tapak jejak garangnya letusan gunung merapi di tahun 2006 kemarin. Kaliadem berada di Dusun Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, ± 25 – 30 km utara Kota Yogyakarta.Pucuk Kaliadem adalah wisata alam yang memliliki keindahan Gunung Merapi dan tapak jejak garangnya letusan gunung merapi di tahun 2006 kemarin. Kaliadem berada di Dusun Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, ± 25 – 30 km utara Kota Yogyakarta.

Kawasan Bunker Kaliadem dikenali dengan udaranya yang sejuk dan banyak memiliki keindahan dan kekhasan alam Kehadiran Gunung Merapi dengan peristiwa vulkaniknya, morfologi gunung dan lembahnya, hutan alam dengan keberagaman flora dan fauna dan keadaan sosial budaya yang unik sebagai kekuatan yang besar sekali untuk kegiatan wisata alam. Kali Dingin saat meledaknya Gunung Merapi ialah bunker maut yang berada di wilayah Bebeng. Menurut beberapa pemandu di sini, udara panas dalam bunker belum seutuhnya lenyap.

Panorama disitu yang dipenuhi oleh warna hitam, putih, coklat, dan abu-abu. Dedaunan dan pohon-pohonan di sekitar tempat itu kering dan hangus, sebagai salah satunya bukti begitu panasnya material yang merusak kawasan itu. Tapi sesudah lebih dari satu bulan, rumput terlihat sudah mulai berkembang kembali. Hijaunya rumput cukup memberikan keinginan di tengah-tengah rimbunnya pohon-pohonan kering. Wilayah wisata yang selanjutnya dikenali dengan wisata lava ini akan dibuka untuk tiga bulan, sekurang-kurangnya saat sebelum musim penghujan mulai. Karena turunnya hujan bisa saja bawa imbas lain untuk kawasan ini.

Untuk berkunjung destinasi sisa serangan lava Gunung Merapi, kita bisa mengikuti lava tur. Dengan bayar mulai Rp. 350 ribu per jeep, 1 jeep berisi 5 dewasa, kita sudah bisa rasakan serunya off road ke Merapi. 1,5 jam kami melingkari Merapi. Ke batu alien, museum ini omahku sebagai saksi bisu kedahsyatan Merapi. Yang jelas Merapi tawarkan panorama alam yang hebat.

Dari Yogyakarta memiliki jarak sekitar 35 km ke utara ke arah Kaliadem. Hingga kini tidak ada angkutan umum untuk ke arah ke arah tempat ini. Karena itu dianjurkan untuk meggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa persewaan mobil untuk berkunjung tempat ini hingga bisa selainnya berkunjung lava tur dapat menikmati objek-obyek lainhya secara mudah.

Daerah Kaliadem sudah ramai oleh beberapa warung yang jual minuman dan makanan enteng dan bermacam souvenir untuk anda. Jika wisatawan punya niat ingin menginap di kawasan lereng Merapi karena itu bisa cari pemondokan murah di Kaliurang yang berada di samping Barat Kaliadem. Di tempat itu banyak juga ada warung makan penjual kuliner ciri khas Kaliurang yakni sate kelinci, Jadah dan tempe bacem. Tidak jauh dari tempat itu ada banyak objek wisata menari misalnya : Tlogo Putri, Taman Kaliurang dan Gardu Pandang Merapi.