Desa Pinggan Kintamani, Pesona Keindahan Negeri Atas Awan di Bali – Saat dengar nama Pulau Bali tentu kita langsung pikirkan beberapa pantai candy bonanza cantiknya. Memang ini lumrah saja karena beberapa tempat itu sebagai arah khusus wisatawan, tetapi untuk anda yang seringkali berkunjung Bali tentu ingin cari tempat wisata baru, dan Desa Pinggan adalah yang direferensikan.

Desa yang berada di Kabupaten Bangli itu mempunyai pemandangan sunrise yang betul-betul mengagumkan. Tiap orang yang melihat cantiknya Matahari keluar di lokasi ini tentu tidak pernah lupakan peristiwa itu. Ini lumrah saja karena alam di sekitar desa wisata itu masih terbangun.

Disamping itu karena ada pegunungan yang melingkari desa terkenal itu membuat beberapa kabut akan ada di saat Matahari mulai keluar. Ini membuat desa menarik itu kerap disebutkan sebagai negeri di atas awan. Untuk memperjelasnya silakan baca beberapa keterangan mengenai desa wisata yang ada di Pulau Bali itu.

Daya Tarik Wisata Desa Pinggan

1. Sunrise

Tidak dapat disangkal bila Desa Pinggan Kintamani mempunyai sunrise pada pagi hari yang paling indah. Karena saat Matahari baru naik dragon tiger anda akan disuguhi pemandangan alam yang betul-betul masih terbangun dengan pegunungan yang kaya tumbuhan hijau melingkari sebuah desa kecil di dasar lembah.

Keindahan dari sunrise itu berada pada kabut tipis-tipis yang akan kelihatan saat Matahari baru ada di ufuk timur. Kabut-kabut ini tutupi beberapa rumah masyarakat dan pohon-pohonan sekitaran hingga membuat kelihatan benar-benar mengagumkan. Dari sini nama negeri di atas awan mulai terkenal antara kelompok wisatawan.

2. Pegunungan

Sama seperti yang telah diterangkan pada awal jika Desa Pinggan asal Pulau Bali ini mempunyai sebuah pegunungan yang mengitarinya. Pegunungan berikut sebagai lokasi terbagus untuk melihat sunrise pada pagi hari. Selainnya dipakai sebagai tempat melihat cantiknya Matahari keluar lokasi itu bisa juga anda pakai sebagai spot berpose.

Apa lagi dari sekitar pegunungan ini anda dapat memperoleh photo yang sangatlah baik dengan background sebuah desa kecil di dasar lembah atau mungkin dengan background pegunungan yang lain dari terlalu jauh. Untuk sampai di lokasi itu pun tidak sulit, karena pegunungan ini tidak begitu tinggi.

3. Hutan di Desa Pinggan

Hutan disekitaran desa ini masih kaya tumbuhan seperti pohon-pohonan teduh. Beberapa pohon itu membuat udara sekitaran desa wisata ini jadi benar-benar sejuk dan fresh, tidaklah aneh bila banyak wisatawan yang tiba liburan sekalian lakukan refreshing.

Bahkan juga ada yang sampai membuat tenda di sekitar hutan itu untuk lakukan aktivitas camping. Aktivitas ini cukup terkenal di kelompok wisatawan karena mereka langsung bisa cari spot yang baik untuk menyaksikan sunrise pada pagi hari.

Baca Juga : Taman Nasional Baluran, Pesona Africa Van Java di Banyuwangi

Alamat dan Langkah Menuju Lokasi

Lokasi dari Desa Pinggan sendiri ada di Kabupaten Bangli, Kecamatan Kintamani, Propinsi Bali. Bila ingin berkunjung desa cantik ini karena itu anda dapat mengawalinya dari Monumen Bajra Sandhi Denpasar menuju Jl. Raya Puputan selanjutnya belok ke kiri di pertigaan Jl. Bypass Ngurah Rai dan terus lempeng sampai anda mendapati lajur putar balik dekat Duta Orchid Garden.

Putar balik di lajur itu lalu belok ke kiri menuju Jl. Prof. Dr. Bagus Mantra dan terus turuti jalan ini sampai anda datang di perempatan Banjar Siyut. Lantas mengambil arah kiri di perempatan ini selanjutnya terus turuti jalan itu sampai anda masuk Jl. Raya Tulikup dan sampai di pertigaan sesudah Lapangan Olahraga Tulikup.

Dari pertigaan, mengambil arah kanan menuju Jl Taman Bali atau Jl. Raya Kembengan lalu masuk ke Jl. Merdeka dan lempeng terus sampai hingga Alun-Alun Bangli dan melalui Jl. Nusantara lalu masuk kembali ke Jl. Raya Penelokan. Kemudian anda akan datang di perempatan dekat Warung Makan Tarumas, di sini silakan belok ke kanan.

Silakan turuti jalan khusus sampai anda masuk Jl. Tabu selanjutnya belok ke kiri di pertigaan dekat Warung Makan Bu Sri, kemudian turuti jalan itu sampai anda tiba di tujuan. Karena anda akan masuk sebuah desa kecil karena itu tentu banyak jalan yang belum dinamakan, oleh karena itu bertanyalah ke masyarakat sekitaran bila anda berasa kebingungan.

Dari Kota Denpasar ke Desa Pinggan diprediksi sekitaran 74 km dengan keseluruhan waktu pintas yaitu sekitaran 2 jam perjalanan memakai kendaraan individu. Oleh karena itu, yakinkan anda harus mempersiapkan diri secara baik karena perjalanan ini akan memerlukan waktu dan melelahkan.

Untuk masuk Desa Pinggan anda tak perlu bayar serupiahpun, karena lokasi wisata terkenal itu sebuah desa sama dengan desa secara umum. Tetapi anda pun perlu mempersiapkan biaya tambahan bagus untuk makan minum atau sewa rumah (bila dibutuhkan).